Pelayanan Sambungan Telepon

Hotel yang memiliki pelayanan sambungan telepon akan berusaha memberikan pelayanan yang baik. Dalam memberikan pelayanan sambungan telepon, untuk memudahkan pelayanan sambungan telepon sebelumnya perlu mengetahui peralatan yang biasanya digunakan di hotel dan jenis-jenis hubungan telepon yang ada.

Hotel yang masih menggunakan cara manual semua sambungan telepon lewat operator, baik untuk lokal maupun interlokal. Dan petugas operator membuat telephone voucher untuk ditagihkan, sedangkan untuk hotel yang sudah menggunakan sistem komputerisasi semua proses penyambungan, lama dan besarnya biaya sambungan telepon dikerjakan secara komputer dan akan langsung direkan oleh printer di Front Office Cashier.

Berikut peralatan di telephone operator :

1. Switchboard, adalah alat untuk menerima sambungan dari luar, menghubungkan sambungan dan mengadakan sambungan ke luar. Peralatan tersebuit terdiri atas dua jenis, yaitu:

  • Private Automatic Branch Exchange (PABX), peralatan dengan sistem tombol yang dihubungkan langsung tanpa melalui operator, setiap orang bisa mengadakan hubungan telepon secara langsung dari satu sambungan ke saluran yang lain, dengan memutar nomor khusus terlebih dahulu baru nomor yang dituju.
  • Private Manual Branch Exchange (PMBX), peralatan ini menggunakan sistem colok yang dihubungkan melalui operator, dimana seseorang yang akan menggunakan sambungan telepon baik sambungan dari luar akan menghubungi seseorang yang tinggal di hotel atau ingin mengadakan sambungan keluar hotel terlebih dahulu harus melalui petugas telepon operator.

2. Teleks (Telex), adalah suatu peralatan untuk mengirimkan berita dengan melalui kode-kode tertentu, dimana kode tersebut bisa dimengerti dan digunakan di seluruh dunia.

3. Faksimili (Faximile), Adalah peralatan untuk mengirimkan berita tertulis secara lengkap, sesuai dengan yang aslinya. Pengertian Faximile sendiri berarti tulisan jarak jauh atau photo copy jarak jauh.

4. Rak Informasi (Information Rack), Rak informasi ini gunanya untuk menyimpan data tamu-tamu yang tinggal di hotel dan disusun menurut abjad.

5. Sound System, digunakan untuk memanggil tamu yang perlu dihubungi oleh seseorang atau oleh tamu lain. Cara melalui ini dinamakan Paging.

6. Time And Date Stamping Machine, alat ini berguna untuk mencatat berapa lama pembicaraan telepon, baik sambungan lokal maupun interlokal.

7. Timers, alat untuk penunjuk waktu yang dipergunakan untuk membangunkan tamu (Wake Up Call) sesuai permintaan tamu.

8. Tape Recorder, berfungsi untuk memutar musik yang dihubungkan ke kamar-kamar, restoran, lobby, bar, dan ruangan fasilitas yang ada di hotel.

9. Video, berfungsi untuk memutar film yang dihubungkan ke kamar-kamar sebagai sarana Video Program.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s